UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Cara Mengobati Penyakit Tipes

Cara Mengobati Penyakit Tipes- -Penyakit ini tidak terlalu parah, namun sangat memnggagu aktifitas kita, yang dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan beberapa bulan. Hal yang perlu diperhatikan pasca terkena tipes adalah pola makan yang benar, misalnya harus lunak, kemudian hindari makanan yang berminyak, pedas, asam dan kurangi aktifitas yang terlalu menguras tenaga.

Cara Pengobatan

Obot-obtan yang direkomendasikan berupa antibiotik serta pengobatan terhadap komplikasi yang mungkin timbul. Obat untuk penyakit tipes ini adalah antibiotik, folingan chloramphenikol, Thiamphenikol, Ciprofloxacin diberikan selama 7-10 hari. Lamanya pemberian antibiotik ini harus cukup sesuai resep dokter. Jangan hentikan bila gejala demam atau lainya sudah reda 3-4 hari minum obat. Obat harus dimimun sampai habis(7-10 hari) jika tidak maka bakteri tipes belum akan mati.

Catatan :
Khusus untuk penderita dengan tinggi tidak turun-turun , kesadaran menurun dan gelisah atau sepsis dapat digunakan kortikosterrroid dengan ketentuan :

1. Hari Ke 1: Kortison 3 X 100 mg i.m atau prednison 3 x 10 mg oral
2. Hari ke 2: Kortison 2 X 100 mg i.m atau Prednison 2 x 10 mg oral
3. Hari ke 3: Kortison 3 X 50 mg i.m atau Prednison 3 x 5 mg oral
4. Hari ke 4: Kortison 2 X 50 mg i.m atau Prednison 2 x 5 mg oral
5. Hari ke 5: Kortison 1 X 50 mg i.m atau Prednison 1 x 5 mg oral

Pada Anak-anak :

1. Klirampenikol : 50-100 mg/kg BB/dibagi dalam 4 dosis sampai 3 hari bebas panas atau minimal 14 hari
2. Bila terjadi hepatomelegi : Selain kloramfenikol diterapi dengan ampisilin 100 mg/ kg BB/hari 14 hari dibagi dalam 4 dosis
3. Klirampenikol : 8-20 mg/kg BB/hari dalam 2 dosis sampai 5 hari bebas panas atau minimal 10 hari
4. Bila dengan upaya-upaya tersebut panas tidak menurun juga, segera priksakan kerumah sakit terdekat

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Cara Mengobati Penyakit Tipes semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua untuk hidup lebih sehat plus dapat menambah wawawasan kita semua mengenal penyakit-penyakit, Baca juga artikel lainya Cara Menceagah Penyakit Tipes
Related Posts

Related Posts