Cara Penularan Pada Penyakit Tipes

Cara Penularan Pada Penyakit Tipes- -Penularan tipes dapat terjadi melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5 F yaitu Food (makananan), Fingers (jari tangan atau kuku), Fomitus (muntah), Fly (lalat), dan Feces.

Penularan Penyakit Tipes

Feces dan muntah dari penderita typhoid dapat menularkan kuman Salmonella thypi kepada orang lain. Kuman tersebut dapat ditularkan melalui minuman terkontaminasi dan melalui perantara lalat, dimana lalat akan hinggap dimakanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila orang tersebut kurang memperhatikan kebersihan dirinya seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypi masuk ketubuh orang yang sehat melalui mulut, selanjutnya orang yang sehat tersebut akan menjadi sakit.

Salmonella thypi dari mulut manusia yang baru terinfeksi selanjutnya menuju lambung, sebagian kuman akan dimusnahkan oleh asam lambung (HCI) dan sebagian lagi lolos masuk ke usus halus bagian distal (usus bisa terjadi iritasi) dan mengeluarkan endotoksin sehingga menyebabkan darah mengandungbakteri (bakterimia) primer, selanjutnya melalui aliran darah dan jaringan limpoid menuju lumfa dan hati.

Didalam jaringan limpoid ini kuman berkembang biak, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai organ lain terutama usus halus hingga terjadi peradangan yang menyebabkan malabsorbsi nutrien dan hiperistalktik usus hingga terjadi diare.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Cara Penularan Pada Penyakit Tipes semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua untuk hidup lebih sehat plus dapat menambah wawawasan kita semua mengenal penyakit-penyakit, Baca juga artikel lainya Cara Mengobati Penyakit Tipes

Pos populer dari blog ini

Ciri Wanita Terkena Gejala dan Faktor Penyebab HIV/AIDS

Daftar Judul Skripsi Keperawatan Terbaru 2015