UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Definisi Dan Jenis Penyakit Toksoplasmosis

Definisi Dan Jenis Penyakit Toksoplasmosis--Toksoplasmosis dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit tokso atau toksoplasma yang menyebabkan kemandulan, cacat, bahkan kematian janin.



Toksoplasmosis adalah penyakit atau infeksi oleh Protozoa Toxoplasma gondii, Toksoplasmosis dikategorikan sebagai penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.
Toxoplasma gondii merupakan salah satu species dari protozoa yang termasuk dalam filum Alveolata, filum Apicomplexa, KelasConoiidasida, SubKelasCoccidiasina, Ordo Eucoocidionida, Familia Sarcocystidae, dan Genus Toxoplasma.

Toxoplasma gondii adalah mahluk hidup bersel satu, yang merupakan parasit pada tubuh organisme hidup lain (hospes) dan mengambil semua nutrisi dari hospesnya, parasit toxoplasma sangat umum ditemukan pada tanah, tinja kucing, sayuran mentah, daging mentah, terutama daging babi, kambing dan rusa, parasit tersebut dapat juga masuk ketika menghirup udara bersama debu.

Toxoplasma gondiimempunyai beberapa bentuk kehidupan yaitu :


  1. Bradizoit, bentuk ini banyak terdapat pada daging hewan yang mentah atau dimasak kurang matang.
  2. Ookista, hanya terbentuk dalam usus hospes definitif yaitu pada bangsa kucing. Ookista dikeluarkan melalui tinja atau faces, jika ookista tertelan oleh manusia atau hewan lain, maka akan berkembang mejadi tachyzoit atau tropozoit. Bentuk ini merupakan bentuk yang dapat mempercepat pertumbuhan secara cepat.
  3. Tachzoite atau Takzoit atau Tropozoid, bentuk ini berbentuk bulan sabit, panjang, menginfeksi / terdapat pada tubuh manusia(darah, air liur, air susu), ginjal, jantung, otak, dan otot jantung.

Demikianlah yang bisa disampikan oleh Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Definisi Dan Jenis Penyakit Toksoplasmosis, baca juga artikel lainya Cara Penularan Penyakit Toxoplasma gondii
Semoga bermanfaat.
Related Posts

Related Posts