UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Pengertian Jenis Penyakit Disentri

Pengertian Jenis Penyakit Disentri- -Disentri adalah infeksi usus yang disebabkan oleh protozoa Entamoeba histolytica, dimana penderita mengalami diare dnegan tinja darah.

Definisi Penyakit Disentri

Giardia lamblia dan Entamobea histolycita sering disebut ameba, dan penyakit yang ditimbulkan disebut amebiasis. karena sama-sama menginfeksi usus, maka memiliki siklus hidup yang hampir sama. bentuk inaktif entamoeba histolytica adalah kista, melalui berbagai cara setelah tertelan kista, usus (ileum) manusia mangalami eksitasi di ileum bagian bawah selanjutnya kista berubah menjadi trofozoit (histolitica), trofozoit memperbanyak diri dengan cara membelah.

Trofozoit selanjutnya mengalami enkistasi (merubah diri menjadi bentuk kista), kisata dikeluarkan bersama tinja sehingga bentuk kista dan trofozoit ditemukan dalam tinja, naum tofozoit biasanya ditemukan pada tinja yang cair. Entamoeba histolytica bersifat invasive, sehingga trofazoit mampu menembus dinding usus dan kemudian beredar dalam sirkulasi darah (hamatogen).


Mungkin hanya ini yang bisa disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan, Pengertian Jenis Penyakit Disentri (Entamoeba histolytica), semoga dapat bermanfaat, baca juga artikel lainya Gejala Penyakit Disentri
Related Posts

Related Posts