UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Cara Mengatasi Gejala Penyakit Maag

Cara Mengatasi Gejala Penyakit Maag- -Maag biasa disebut dengan Gastristis yaitu penyakit yang biasa dimiliki oleh orang yang memiliki kebiasaan makan yang tidak baik seperti misalnya waktu makan tidak teratur, suka memakan makanan yang dapat mengiritasi lambung atau bisa juga karena infeksi bakteri dan kontribusi faktor psikologis.

Cara Mengatasi Maag

Jika penyakit maag ini dibiarkan begitu saja maka dampaknya sangat tidak baik untuk manusia, maka untuk mencegah semua itu, asuhan dunia keperawatan siap menyediakan informasi berupa Mengatasi gejala penyakit maag.

Berikut ini Cara Mengatasi Gejala Penyakit Maag :

1. Konsumsi makanan yang bersifat melindungi lambung seperti jus cranberry, madu, yoghurt dengan kultur bakteri aktif, lemak ikan, dan pisang.

2. Kelola stress dengan baik. Berpikirlah positif dan jangan lupa untuk pergi berlibur atau sekedar jalan-jalan bersama orang-orang terdekat ntuk menghilangkan ketegangan. Bersenang-senang itu perlu bahkan penting selama dalam batas wajar.

3. Jika anda menggunakan obat-obatan obat anti inflamasi non steroid (NSAID) sebaiknya diminum setelah makan dan segera konsultasikan kondisi lambung anda pada dokter yang meresepkan obat tersebut.

4. Selalu bawa obat maag kemanapun untuk mengatasi sakit lambung disaat-saat tidak terduga karena sakit maag yang ditahan terlalu lama akan semakin memperburuk keadaannya.

5. Pengaturan waktu makan
ini hal yang hampir semua orang sudah mengetahuinya dan hal itu baik karena ini adalah salah satu yang terpenting dalam terapi maag. Biasakan Makan tepat waktu pagi, siang, dan malam. Bisa juga makan camilan sehat dalam porsi kecil diantara jam makan utama.

6. Dalam memilih makanan juga sebaiknya menghindari makanan yang asam, berminyak, kafein, pedas, dan alkohol. Sedangkan makanan yang harus dihindari karena mengandung banyak gas diantaranya lemak sapi/domba , buah nangka, kedondong, kol, sawi, minuman yang mengandung soda dan buah kering.

7. Makan dalam porsi kecil-kecil dan sedikit lebih lambat. Makan banyak makanan dalam porsi besar dan cepat dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dalam jumlah besar pula dan ini tentunya merugikan lambung.

8. Berhenti merokok karena seperti halnya alkohol, rokok juga menipiskan lapisan lendir di lambung yang berfungsi untuk melindungi lambung dari asam diproduksinya.

9. Dan terakhir untuk pencegahan dari bakteri H.Pylori, cuci tangan dengan baik sebelum dan sesudah makan serta setelah dari toilet.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai cara mengatasi maag, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, baca juga Tips Kesehatan Lainya Tips Mengatasi Sakit Maag Pada Manusia
Related Posts

Related Posts