UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Definisi Dan Penyebab Terjadinya Jerawat Pada Manusia

Definisi Dan Penyebab Terjadinya Jerawat Pada Manusia- -Jerawat atau acne adalah suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat sehingga timbul beruntus-beruntus dan abses (Kantong Nanah) yang meradang dan terinfeksi pada kulit itu.

Definisi Jerawat

Penyebab Jerewat

Jerawat paling sering menyerang remaja dimana jerawat mulai muncul pada saat memasuki masa pubertas, tetapi bisa saja terjadi pada semua usia. Kemungkinan Penyebabnya adalah perubahan sistem hormonal yang merangsang kelenjar sebasea (kelenjar penghasil minyak) dikulit. Perubahan hormon lainya juga memicu timbulnya jerawat pada masa menstruasi, kehamilan, pemakai pil KB atau stres. Jerawat seringkali memburuk pada musim dingin dan membaik pada musim panas, mungkin disebabkan oleh sinar matahari. Makanan hanya sedikit berpengaruh atau sama sekali tidak berpengaruh terhadap timbulnya jerawat, meskipun beberapa penderita beranggapan bahwa mereka peka terhadap makanan tertentu.

Proses Terjadinya Jerawat

Selama masa pubertas atau dalam keadaan terdapat perubahan hormon (masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB atau stress) kelenjar sebasea menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak yang berlebihan. Minyak yang mengering , kulit yang mengelupas dan bakteri berkumpul dalam pori-pori kulit selanjutnya membentuk komedo. Komedo menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari selubang akar rambut(folikel) ke pori-pori. Bakteri tumbuh didalam pori-pori yang tersumbat dan menguraikan beberapa lemak didalam minyak yang menyebabkan iritasi kulit. JIka iritasi bahkan terjadi infeksi pada jerawat maka terbentuk abses.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Definisi Dan Penyebab Terjadinya Jerawat Pada Manusia, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua, baca juga artikel lainya mengenai Tips Menghilangkan Komedo Pada Wajah Atau Hidung Manusia
Related Posts

Related Posts