UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Penyebab Batu ginjal yang Sering Terjadi pada Manusia

Penyebab Batu ginjal yang Sering Terjadi pada Manusia- - -Batu ginjal adalah penyakit yang sering diderita manusia terutama pada pria, biasanya orang yang terkena penyakit batu ginjal akan mengalami kesulitan pada buang air kecil, secara garis besar batu ginjal disebabkan ketidak seimbangan antara air, mineral, garam dan zat lain dalam air seni. Ketidak seimbangan komposisi zat hasil buangan akan menentukan jenis batu ginjal yang terbentuk, tergantung zat apa yang paling dominan dan kebanyakan batu ginjal terbentuk dari kalsium.

Ini hari Asuhan Dunia Keperawatan akan memberikan informasi mengenai penyebab terjadinya batu ginjal, agar dapat menjadi ilmu supaya kedepanya kita atau penerus kita tidak terkena penyakit batu ginjal.

Berikut ini Penyebab dari Batu Ginjal antara lain :

1 Tidak minum cukup air
Saat dehidrasi maka konsentrasi urin menjadi lebih pekat. Garam, mineral dan zat lain dalam urin akan lebih mudah mengendap dan bersatu membentuk batu. Ini adalah penyebab batu ginjal yang paling umum ditemui, Batu ginjal lebih sering terbentuk pada orang yang minum kurang dari 8 gelas setiap hari.

2 Kondisi medis
Ada beberapa kondisi medis yang mendukung terbentuknya batu pada ginjal.
=> Infeksi saluran kencing dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu struvite.
=>Asam urat/gout
kadar asam urat yang tinggi dalam darah dan air seni mempermudah terbentuknya batu asam urat
=>Orang yang memiliki penyakit peradangan usus seperti penyakit Crohn
=>Hiperparatiroid
kelenjar paratiroid yang memproduksi terlalu banyak hormon menyebabkan jumlah kalsium yang beredar semakin tinggi kondisi ini meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu kalsium meskipun memang kasusnya jarang terjadi, Batu ginjal yang disebabkan oleh karena penyakit perlu mendapatkan terapi untuk penyakit utamanya dulu baru kemudian batu ginjalnya.
3. Keturunan
Orang yang memiliki batu ginjal akan menurunkan resiko pada anaknya hingga 6 kali lipat dibanding dengan orang yang tidak memiliki batu ginjal.

4. Suplemen vitamin D dan Kalsium
Meskipun suplemen terkadang diperlukan tetapi jika penggunaannya kurang tepat juga bisa menimbulkan efek samping, Para ilmuwan di University Medical Center Creighton, Omaha, NE, Amerika Serikat, menemukan bahwa suplemen kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, Ini disebabkan karena suplemen tersebut meningkatkan kadar kalsium dalam darah dan urin.

5. Obat-obatan tertentu
Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang juga meningkatkan resiko, Para ilmuwan menemukan bahwa opiramate (Topamax), obat yang biasa diresepkan untuk mengobati kejang dan sakit kepala migrain, dapat meningkatkan kecenderungan pembentukan batu ginjal kalsium fosfat.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Penyebab Batu ginjal yang Sering Terjadi pada Manusia, semoga yang disampaikan asuhan dunia keperawatan menjadi dapat bermanfaat bagi kita semua, baca juga artikel asuhan dunia keperawtan lainya mengenai Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit Hingga Langsing
Related Posts

Related Posts