UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Tips Menggunakan Test Pack Pada Wanita Hamil

Tips Menggunakan Test Pack Pada Wanita Hamil- -Tes kehamilan menggunakan test pack bisa dilakukan di laboratorium. Dilaboratorium tes dilakukan oleh tenaga profesional menggunakan sampel darah sedangkan jika menggunakan test pack yang dilakukan sendiri dirumah sampelnya menggunakan air seni.

Ada dua jenis test pack yakni compact dan strip, cara penggunaan strip dengan mencelupkan atau menyentuhkan ujung strip pada urin sedangkan jenis compact dengan meneteskan air seni pada bagian alat yang telah disediakan.

Waktu yang baik untuk tes kehamilan menggunakan test pack
Waktu yang paling baik untuk mengetes kehamilah adalah pada waktu pagi hari karena cairan yang kita minum dapat mengencerkan hCG dalam urin. Pada saat tidur kita tidak minum selama berjam-jam sehingga jika ada kenaikan hCG lebih mudah untuk terdeteksi pada pagi hari meskipun sebenarnya tes ini dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Secara umum hasil yang didapat dapat lebih akurat bila tes kehamilan dilakukan dua hari sebelum menstruasi (apabila siklus haid teratur) atau bisa juga dilakukan 6-12 hari setelah melakukan hubungan dimasa subur atau bisa juga 1-5 hari setelah terlambat haid. Label rekomendasi penggunaan setiap merk test pack mungkin berbeda tergantung sensitivitasnya, lebih baik mengikuti saran yang ada pada label.

Tips supaya hasil lebih akurat
1. Pada saat membeli pilih alat yang paling sensitif, tanyakan pada petugas apotek untuk minta rekomendasi mana yang paling baik.

2. Alat ini sangat terpengaruh oleh tempat penyimpanan sehingga lebih baik untuk membelinya dekat dengan waktu pemeriksaan.

3. Baca instruksi cara penggunaan dan pembacaan hasil karena berbeda merk bisa saja berbeda cara penggunaan. Kebanyakan apabila terdapat dua garis setelah mencelupkan ujung strip dalam urin berarti hasilnya positif.

4. Lakukan tes kehamilan pada pagi hari karena pada saat ini konsentrasi urin pekat, apabila ada kenaikan hCG maka lebih mungkin menunjukan hasil positif pada test pack.

5. Bila Negatif
Apabila hasilnya negatif namun anda masih yakin kalau hamil maka bisa diulang 3 hari setelahnya karena kadar hormon hCG meningkat dua kali lipat pada 6 minggu pertama kehamilan.

Demikianlalah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan, mengenai Tips Menggunakan Test Pack Pada Wanita Hamil, baca juga artikel tips kesehatan lainya Tips Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan
Related Posts

Related Posts