UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang- - -Tulang adalah penyangga tubuh dan terdiri atas kolagen, suatu protein yang besisi kalsum fosfat dan ka mineral yang memberikan kekuatan untuk menyangga seluruh organ tubuh.

Penyakit tulang sering kali tidak disadari oleh seseorang. Biasanya orang baru menyadari setelah kondisi tulang tidak memungkinkan lagi untuk diobati, Jadi untuk mengurangi potensi seseorang mengalami berbagai keluhan pada tulangnya, dibutuhkan informasi yang lengkap dan memadai dari petugas kesehatan, Kesehatan tulang akan mendukung aktivitas seseorang dan meningkatkan kinerja.

Ada Dua Tipe Tulang yaitu :
1. Cortical
Padat dan kuat. Merupakan bagian paling luar pada tulang.

2. Trabecular
Bagian dalam tulang, berongga, dan membentuk struktur secara keseluruhan

Sepanjang manusia hidup, tulang terus mengalami perkembangan dan perbaikan. Proses yang dilakukan tulang adalah resorption dan formation.

Selama resorption, sel tulang lama akan mengalami kerusakan dan digantikan oleh sel-sel khusus yang disebut osteoclasts.

Pada proses bone formation, jaringan tulang baru akan menggantikan sel-sel tulang lama. Sel yang melakukan proses ini adalah osteoblasts.

Osteoclasts dan osteoblasts selama proses perbaikan tulang membutuhkan berbagai hormon dan vitamin, yaitu:
  1. calcitonin
  2. parathyroid
  3. vitamin C
  4. hormon estrogen (pada perempuan)
  5. hormon testosteron (pada lelaki)
Berikut beberapa penyakit tulang yang sering dialami:
1. Osteoporosis
Yaitu suatu penyakit yang menyebabkan tingkat kepadatan tulang menurun. Osteoporosis menggerogoti kekuatan tulang trabecular sehingga kekuatannya berkurang drastis, juga tulang cortical menipis dan secara keseluruhan tulang akan mudah patah. Penyakit ini mengintai orang yang sudah lanjut dan wanita yang memasuki masa menopause.

2. Osteomalacia
Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lunglai diakibatkan kekurangan
vitamin D atau kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Sama halnya dengan osteoporosis, osteomalacia juga berpotensi membuat tulang cepat patah.

3. Rickets
Rickets sering dialami oleh anak-anak yang sedang tumbuh. Formasi tulang pada penderita rickets abnormal, yaitu terjadi penumpukan kalsium di dalam tulang karena terlalu banyak mengonsumsi susu berkalsium atau akibat radiasi sinar matahari.

4. Osteomyelitis
Infeksi ini menyerang tulang dan diakibatkan oleh bacterimia, atau sepsis, yang menyebar dan mengurangi kekuatan tulang.

Pencegahan dan Perawatan Penyakit Tulang :
1. Berolahraga teratur akan mengurangi risiko terkena penyakit tulang. Dengan banyak bergerak, komposisi tulang akan padat dan dapat dihindari keropos atau patah tulang.

2. Asupan makanan harus yang bergizi dan berserat tinggi. Usahan untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi.

3. Jika Anda merasa ada keluhan di seputar tulang atau persendian, segera berkonsultasi ke dokter.

4. Melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D.

5. Dianjurkan untuk tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol/

6. Melakukan tes kekuatan tulang secara rutin.

Demikian yang dapat disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Tulang, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua.
Related Posts

Related Posts