UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Pengertian Dan Penyebab Penyakit Batuk Pada Manusia

Pengertian Dan Penyebab Penyakit Batuk Pada Manusia- - -Batuk adalah salah satu keluhan yang sering diungkapkan pasien kepada dokter. Batuk sebenarnya adalah suatu cara yang penting bagi tubuh kita untuk membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan kita. Tetapi batuk yang berlebihan dapat berarti bahwa kita mempunyai suatu gangguan atau penyakit, batuk juga memiliki banyak macam, seperti :
  • Batuk dapat akut atau kronik yaitu Batuk akut biasanya timbul mendadak. Seringkali disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus (sinusitis). Batuk akut biasanya hilang setelah 2 sampai 3 minggu, Batuk kronik biasanya berlangsung lebih dari 2 sampai 3 minggu.
  • Batuk ada yang kering, ada pula yang produktif, Batuk produktif adalah batuk yang berdahak. Dahak disebut juga sputum atau reak.

Penyebab Umum Pada Penyakit Batuk Adalah :
Disamping infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) seperti influenza, penyebab batuk yang paling sering adalah:
1. Alergi dan asthma
2. Infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronkitis akut.
3. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau bronkitis kronik, ephysema
4. Sinusitis yang menyebabkan postnasal drip.
5. Penyakit paru seperti bronkiektasis, tumor paru.
6. Gastroesophageal reflux disease (GERD) ini artinya cairan lambung balik ke tenggorokan, orangnya suka bertahak asam atau pahit.
7. Merokok
8. Terpapar asap rokok (perokok pasif)
9. Terpapar polutan udara
10. Obat darah tinggi golongan ACE Inhibi

Mungkin sampai disini yang dapat disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Pengertian Dan Penyebab Penyakit Batuk Pada Manusia, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita untuk mengehindari penyakit batuk.
Related Posts

Related Posts