UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Kanker Rahim Pada Wanita

Mengetahui Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Kanker Rahim Pada Wanita- - -Kanker adalah sebuah penyakit yang paling ditakuti seluruh manusia, kanker sendiri disebabkan banyak faktor seperti faktor keturunan, namun ternyata kanker juga dapat disebabkan oleh berhubungan intim seperti HIV dan lainya sebagainya.

Nah pada kesempatan kali ini Asuhan Dunia Keperawatan akan berbagi informasi mengenai kanker, namun bukan semua kanker yang akan dibahas Asuhan Dunia Keperawatan, melainkan Asuhan Dunia Keperawatan akan membahas pada satu penyakit, yaitu penyakit kanker rahim.

Berikut ini Penyebab Penyakit Kanker Rahim Pada Wanita :
Mereka yang memiliki resiko tinggi terkena kanker leher rahim adalah wanita menikah terlalu muda, di bawah 20 tahun. Selain itu wanita yang melakukan aktivitas seksual yang tidak sehat atau memiliki mitra seksual yang banyak, rentan terpapar oleh human papilloma virus (HPV) yang disinyalir merupakan penyebab terjadinya perubahan abnormal pada sel-sel rahim.

Kebiasaan lain yang juga memperbesar resiko kanker leher rahim adalah merokok, tidak memelihara kebersihan vagina, serta memiliki pasangan yang beresiko tinggi. Kekurangan vitamin A, C, E yang mengandung antioksidan, yang positif memberikan kekebalan tubuh sehingga terlindung dari kanker, juga membuat kita rentan terkena kakner leher rahim ini.

Semua penyebab tadi berdasarkan studi secara garis besar. Jadi kita tidak bisa menuduh seseorang begitu saja terkena kanker rahim akibat perilaku seksualnya yang tidak sehat. Mungkin saja ada factor lain diluar itu yang bisa menyebabkan kanker rahim.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Rahim :
Deteksi Sejak Dini, Sudah saatnya kita peduli pada tubuh sendiri. Begitu kita mengalami nyeri pinggul dan merasa sakit sat buang air kecil, kanker leher rahim itu sudah masuk ke stadium lebih lanjut. Tentunya kita tidak mau terkena kanker ini, jadi sebaiknya sebelum gejala ini datang pada diri kita. Lebih baik dari awal kita melakukan pemeriksaan walaupun tidak ada keluhan, karena tidak ada ruginya sama sekali.

Proses pemeriksaannya juga tidak lama, hanya dalam waktu beberapa menit saja. Begitu kita telah melakukan aktivitas seksual, sebaiknya kita menjadwalkan secara rutin untuk pemeriksaan pap smear, setahun sekali. Misalnya dengan begini, terlihat adanya kelainan atau perkembangan sel diluar batas normal, bisa segera diketahui dan diobati.

Demikianlah yang dapat disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Mengetahui Penyebab Dan Cara Pencegahan Penyakit Kanker Rahim Pada Wanita, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua.
Related Posts

Related Posts