UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Tips Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Batuk Pada Manusia

Tips Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Batuk Pada Manusia- - -Sebuah penelitian membuktikan bahwa menikmati sesendok madu mampu meredakan batuk di malam hari. Bukan hanya itu, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak setelah minum madu.

Mandi dengan air hangat juga mampu membantu Anda meredakan batuk. Selain itu, jika Anda menderita demam, alergi, dan asma, semua masalah tersebut pun mampu di atasi. Sebab air hangat yang menimbulkan uap mampu melembapkan kondisi tenggorokan yang kering akibat batuk.

Beberapa Tips Untuk Mengurangi Batuk :
1. Permen obat batuk atau permen pedas dapat menolong pada batuk yang kering dan menggelitik. Tidak boleh diberikan pada anak-anak berusia dibawah 3 tahun karena dapat tersedak menyumbat jalan nafas.
2. Menghirup uap hangat dapat menolong batuk kering dengan cara meningkatkan kelembaban di udara.
3. Minum lebih banyak cairan dapat mengencerkan dahak di tenggorokan sehingga mudah dibatukkan keluar.

Beberapa obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter antara lain yang mengandung:
1. Guaifenesin (Cohistan Expectorant, Probat, Bisolvon Extra, Actifed Expectorant, dll). Yang harus diingat adalah jika minum obat-obatan yang mengandung Guaifenesin adalah harus minum banyak air.
2. Dekongestan seperti pseudoephedrine (Actifed, Actifed Expectorant, Disudrin, Clarinase, Rhinos SR, Triaminic, dll). Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine ini dapat digunakan untuk menghentikan pilek encer (meler) dan postnasal drip. Tidak boleh digunakan jika ada penyakit darah tinggi atau untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun kecuali atas resep dokter anda.

Meskipun batuk dapat menjadi gejala yang mengganggu, tetapi batuk adalah cara tubuh kita untuk menyembuhkan dirinya. Beberapa pakar akhir-akhir ini menganjurkan tidak menggunakan penahan batuk pada beberapa situasi. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda sebelum mencoba penahan batuk yang dijual bebas yang mengandung dextromethorphan (Vicks 44, dll).

Jangan mengharapkan atau meminta dokter untuk meresepkan antibiotika untuk infeksi virus seperti influenza atau masuk angin. Antibiotik tidak bekerja terhadap virus. Antibiotik juga tidak mempercepat penyembuhan batuk yang disebabkan alergi.

Hubungi Dokter Jika Batuk Anda Semakin Darurat :
1. Nafas pendek atau sulit bernafas
2. Pembengkakan di muka dan kerongkongan disertai kesulitan menelan

Segera Ke dokter Jika:
1. Batuk sangat hebat yang timbul mendadak.
2. Batuk disertai bunyi nada tinggi pada saat menarik nafas.
3. Batuk berdarah.
4. Demam (yang dapat dapat mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri yang memerlukan antibiotika).
5. Dahak yang kental, berbau busuk, bewarna kuning kehijauan (mengindikasikan adanya suatu infeksi bakteri).
6. Terpapar dengan seorang penderita TBC.
7. Penurunan berat badan yang tidak diharapkan atau keringat malam (mengindikasikan terkena TBC).
8. Batuk lebih dari 10 – 14 hari.
9. Batuk pada bayi berusia kurang dari 3 bulan.

Demikianlah yang dapat disampaikan Asuhan Dunia Keperawatan mengenai Tips Cara Mengobati Dan Mencegah Penyakit Batuk Pada Manusia, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Related Posts

Related Posts