UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Tips Kesehatan - 5 Hal Cara Mudah Menjaga Kandungan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Tips Kesehatan - 5 Hal Cara Mudah Menjaga Kandungan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat- - -Sebuah anak dalam menjalin rumah tangga memanglah di idamkan setiap pasangan suami dan istri, yang paling mengembirakan adalah ketika mendengar istri anda sedang hamil atau mengandung anak anda. Tentu jika anda mendengar hal seperti itu, maka yang ada dibenak anda adalah bagaimana cara menjaga kandungan agar ketika istri anda melahirkan seorang bayi yang sehat. Memang kehamilan bagi seorang wanita merupakan sebuah masa dimana calon ibu harus berhati-hati dalam segala hal. Dan sudah sepantasnya pula, seorang ibu hamil hendaknya berpikir dua kali sebelum melakukan apapun yang beresiko atau dapat membahayakan diri dan bayinya. Oleh karena itu, ibu hamil setidaknya membekali dirinya dengan banyak membaca agar mengetahui informasi tentang apapun yang dapat membahayakan dirinya dan bayinya (kandungan). Naah oleh karena itu, jangan sampai anda melakukan hal-hal yang membahayakan kandungan anda. Disini Asuhan Dunia Keperawatan akan membahas cara mengatasi bayi yang didalam kandungan agar tetap sehat, cukup hindari 5 pantangan yang ada dibawah agar bayi dalam kandungan anda tetap sehat.
Cara Mudah Menjaga Kandungan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

5 Hal Yang Perlu Di Hindari Saat Wanita Hamil

Alkohol
Apapun bentuknya, apapun mereknya, dan apapun situasinya jangan pernah mengkonsumsi alkohol jika anda sedang hamil. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi alkohol ketika hamil dapat menyebabkan gangguan pada bayi yang berada di dalam kandungan.

Tidak sedikit dari ibu yang mengkonsumsi alkohol ketika mereka hamil, melahirkan anak yang memiliki kelainan atau gangguan dan masalah medis. Tidak ada takaran minimal untuk mengonsumsi alkohol ketika hamil. Jadi, anda harus menghindari alkohol sepenuhnya.

Makanan yang tidak direbus atau tidak matang
Makanan yang tidak direbus atau tidak matang. Mulai dari sayur-sayuran, ikan, daging, maupun telur dapat menjadi sumber bakteri yang berbahaya bagi anda dan bayi.

Salah satu contoh bakteri yang sangat berbahaya bagi ibu hamil yang bersumber dari makanan yang tidak dimasak dengan matang adalah bakteri listeria yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis.

Bakteri ini dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan bayi maupun ibu. Bakteri listeria dapat menyebabkan komplikasi kehamilan atau kelahiran, bahkan bakteri ini dapat menyebabkan seseorang mengalami keguguran.

Stres atau depresi
Sangat penting bagi seorang ibu hamil untuk menghindari stres atau depresi, karena hal tersebut akan berefek sangat buruk pada kehamilan dan bayi. Seorang ibu yang sering kali stres dan memiliki gangguan emosional akan menimbulkan terganggunya perkembangan otak bayi. Terlebih, bagi mereka yang hamil muda.

Hindari kafein
Kopi, cola, dan minuman energi merupakan sumber kafein yang dapat meningkatkan resiko keguguran. Penting untuk anda ketahui bahwa, kafein juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR). Penting untuk mengetahui bahwa anda tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein setiap harinya. karena hal tersebut dapat membuat bayi menjadi sakit.

Kafein sama berbahayanya dengan alkohol. Kafein sangat berbahaya terutama untuk kesehatan bayi, oleh karena itu beralihlah ke jus buah sebagai alternatif minuman yang lebih sehat dan aman.

Merokok
Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Terutama untuk anda dan bayi, beberapa resiko yang dapat ditimbulkan oleh merokok di antaranya adalah.

  • Keguguran
  • Berat bayi lahir rendah (BBLR)
  • Kematian
  • Kelahiran prematur

Jika anda merokok berhentilah saat ini, karena hal tersebut akan menguntungkan anda dan bayi. Semakin cepat anda berhenti akan semakin baik untuk menjaga kehamilan anda. Selain berapa masalah diatas, sebenarnya kebiasaan merokok seorang ibu hamil dapat menyebabkan.

  • Morning sickness atau yang sering di sebut Mual dan muntah
  • Kehamilan ektopik, dan
  • Plasental abruption.
Related Posts

Related Posts