10 Gaya atau Pose Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

10 Gaya atau Pose Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria- - -Memiliki perut langsing memang menjadi idaman para wanita dan memiliki perut six pack menjadi andalan para pria, nah untuk memiliki semua itu ada cara alami yang mudah sekali agar perut menjadi langsing ataupun six pack dengan melukan gerakan senam yoga yang sangat mudah dilakukan.

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut berikut ini merupakan salah satu latihan konvensional untuk mendapatkan perut yang rata dan kencang. Yoga sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan dapat kita gunakan untuk melatih otot perut sehingga menjadi indah, meningkatkan rasa percaya diri seseorang karena perut sudah terbebas dari gelambir akibat perut buncit.

Gerakan Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut

1. Pose Marjarasana
Manfaat Pose Marjarasana:
Gerakan ini sangat cocok bagi siapa saja, bahkan bagi pemula, juga aman bagi wanita hamil. Asana ini adalah pose yoga yang sesuai dalam membentuk otot perut dan meningkatkan kelenturan tulang belakang. Menurut pakar, postur ini bisa membantu melegakan atau meminimalkan emosi anda.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah-langkah Pose Marjarasana
  • Mulai dengan posisi awal, yaitu meletakkan lutut tegak lurus dengan pinggul dan pergelangan tangan tegak lurus dengan bahu. Posisikan tulang belakang anda lurus dan leher di posisi yang benar searah dengan tulang belakang.
  • Tarik napas, lengkungkan ibu jari kea rah lantai, turunkan perut dan angkat leher anda dan memandang ke atas. Gerakan harus dimulai dari ujung tulang ekor, jadi leher adalah bagian terakhir yang bergerak.
  • Hembuskan napas, istirahatkan bagian atas kaki anda di atas matras, lengkungkan tulang belakang dan turunkan kepala anda sehingga pandangan anda mengarah ke pusar anda.
  • Ulangi pose/asana bersamaan dengan tarikan dan hembusan nafas anda. Lakukan sampai 5 kali tarik-hembus nafas. Setelah itu kembali ke posisi awal (point a di atas).
2. Pose Bhujangasana
Manfaat Pose Bhujangasana
Pose Yoga ini bermanfaat dalam melenturkan dan juga menguatkan tulang belakang. Juga bisa menyembuhkan sakit punggung dan bisa mengurangi lemak di perut buncit anda.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah - Langkah Pose Bhujangasana
  • Letakkan perut dan dahi di matras, lengan rapat di samping bahu. Rapatkan kaki. Angkat bagian atas tubuh anda dengan memanfaatkan kekuatan otot punggung sehingga kepala anda terangkat ke atas.
  • Jangan sekali-kali memakai kekuatan tangan anda. Biarkan tangan ini hanya sebagai penyangga tubuh bagian atas anda. Tingkatkan kesulitas gerakan ini dengan meletakkan tangan di atas paha anda, jika anda sudah sanggup melakukannya.
3. Pose Navasana
Manfaat Pose Navasana
Menguatkan otot perut dan punggung.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah - langkah Pose Navasana
  • Dalam posisi duduk, angkat kaki dan bagian atas tubuh sehingga membentuk huruf V. Tahan posisi ini selama 30 detik dan lakukan 2 kali.
  • Jika masih kesulitan dalam melakukan asana ini sebagai pemula, bisa mulai dengan cara melipat lutut. Dan bila punggung terasa tegang dan tidak nyaman, anda bisa pakai bangku atau kursi untuk menopang kaki dan bagian atas tubuh.
4. Pose Dhanurasana
Manfaat Pose Dhanurasana
Mengurangi lemak perut. Dalam melakukan pose, sirkulasi darah ke akan berkurang, dan setelah pose dalam masa istirahat sirkulasi darah akan akan mengalir dalam jumlah yang lebih besar, dan hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang dan juga meningkatkan vitalitas.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah - Langkah Pose Dhanurasana
Telungkup, bengkokkan lutut dan pegang pergelangan kaki. Tarik tangan dan tekan dengan kaki anda, posisikan lutut menempel, sampai posisi anda mirip seperti perahu dan hanya perut yang menumpu tubuh anda di lantai. Pandangan ke arah atas.

5. Pose Crescent
Manfaat Pose Crescent
Memperkuat otot perut, pinggul dan paha.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah - langkah Pose Crescent
  • Berdiri dengan kaki berdekatan, lengan di sisi tubuh. Tarik napas dan angkat tangan ke atas kepala dengan ujung jari terbuka mengarah ke langit-langit.
  • Hembuskan napas dan bungkukkan badan anda dari pinggul, dan arahkan tangan ke lantai. Lutut menekuk sedikit.
  • Tarik napas di posisi ini, lalu kemudian hembuskan napas sambil mengarahkan kaki kanan ke belakang. Posisikan kaki kanan lurus memanjang dan bertumpu pada ujung jari kaki. Kaki kiri akan membentuk sudut 90 derajat, di mana lutut sejajar dengan mata kaki.
  • Tarik napas dan angkat tangan ke atas kepala, pandangan lurus ke depan. Tahan sejenak di posisi ini.
  • Kembali ke posisi berdiri dan ulangi gerakan di atas tetapi merubah kaki kiri yang memanjang ke belakang.
6. Pose Willow
Manfaat Pose Willow
Asana ini berguna untuk memperkuat kedua sisi perut.
Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Wanita dan Pria

Langkah - Langkah Pose Willow
  • Berdiri dengan kaki bersentuhan dan tangan di kedua sisi badan. Letakkan tapak kaki kiri ke sisi dalam paha kanan, sehingga lutut membengkok.
  • Kedua tangan dekatkan sehingga bersentuhan dan tahan di posisi ini sampai 2 kali tarik-hembus napas.
  • Pada penarikan napas ketiga, rentangkan tangan ke atas, dan posisi tangan terbuka.
  • Hembuskan napas, dan kemudian tarik napas sambil membengkokkan badan ke sisi kiri.
  • Tarik napas dan luruskan kembali badan.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 3-5 kali repetisi. Ubah posisi kaki dan arah pembengkokan badan di setiap repetisi.

Postingan populer dari blog ini

Ciri Wanita Terkena Gejala dan Faktor Penyebab HIV/AIDS

Cara Penularan Pada Penyakit Tipes

Daftar Judul Skripsi Keperawatan Terbaru 2015