UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Pengertian Dan Jenis Penyakit Malaria (Plasmodium)

Pengertian Dan Jenis Penyakit Malaria (Plasmodium)- -Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang mempengaruhi angka kematian bayi, anak dan ibu melahirkan serta dapat menurunkan produkvitas tenaga kerja. dalam menangani penderita malaria sebagian penderita masih sering terlambat pada saat dibawa kunit pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit.

Definisi Penyakit Malaria

Malaria berasal dari bahasa itali yaitu mal = buruk dan area = udara. Jadi secara harfilah malaria berarti penyakit yang sering terjadi pada daerah dengan udara buruk akibat lingkungan yang buruk.

Malaria adalah suatu penyakit infeksi dengan demam berkala yang disebabkan oleh parasit plasmodium (termasuk protozoa) dan ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina.

Macam-Macam Penyakit Malaria Yakni :
1. Malaria Tropikana
2. Malaria Tersiana
3. Malaria Kwartana

Penderita malaria saat ini didominasi oleh plasmodium vivax dan plasmodium. falciparum dengan kisaran prosentase 80-95% dan sisanya disebabkan oleh plasmodium malariae dan plasmodium ovale.

Demikianlah yang bisa disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Pengertian dan jenis penyakit malaria, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua, baca juga artiel lainya Cara Penularan Trichomanas vagina Pada Wanita
Related Posts

Related Posts