UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Tips Dan Cara Menurunkan Kolesterol

Tips Dan Cara Menurunkan Kolesterol- -Kolesterol biasanya disebabkan banyaknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Kolesterol dan tinggi lemak, seperti makanan cepat saji, makanan berminyak dan bersantan, serta gula berlebih dan alkohol, kolestelor sendiri merupakan suatu molekul yang terdapat di dalam sel yang dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol serta trigliserida. Sebenarnya kolesterol merupakan salah satu komponen lemak.
Cara Menurunkan Kolesterol
Berikut ini Tips Cara Menurunkan Kolesterol :

1. Memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang banyak mengandung serat, sehingga sayuran dan lemak dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Fungsi dari serat adalah mengikat kolesterol dalam darah sehingga tak beredar. Perlu Anda perhatikan untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin C cukup direbus setengah matang karena sayuran yang banyak mengandung vitamin c bila direbus matang vitaminya akan hilang. Vitamin C sendiri sebagai pengatur keseimbangan atau homeostatis. Sayuran dan buah dapat dibuat jus, minumlah bersama ampasnya karena ampas merupakan sumber serat yang baik untuk menurunkan kolesterol.

Sedangkan Jenis Makanan dan Minuman yang disarankan adalah :

=> Anggur
Kandungan zat catechin dalam anggur sangat baik menurunkan kolesterol.

=> Apel
Sebaiknya konsumsi apel dengan kulitnya, karena banyak mengandung pectin yang sangat ampuh menurunkan kolesterol dan antioksidan paling banyak.

=> Alpukat
Untuk menurunkan kolesterol jahat, buah ini mengandung asam lemak tak jenuh.

=> Bawang Putih
Selama satu bulan jika secara kontinyu mengkonsumsi bawang putih sebanyak setengah sampai satu suing sehari mampu menurunkan kolesterol sebanyak 9%. Dosisnya sendiri perlu Anda perhatikan, sebab jika terlalu banyak juga tidak baik buat kesehatan. Dapat terjadi diare, kentut, sebah, dan demam bila Anda mengkonsumsi lebih dari tiga suing setiap hari. Bahkan peradarahan lambung dapat terjadi.

=> Tempe
Walaupun dari rumpun kacang-kacangan tapi tempe sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Daripada kedelai, tempe memiliki niacin 5x lebih banyak dari kedelai. Kandungan isoflavon yang terdapat dalam tempe juga terbukti mampu menurunkan kolesterol.

=> Teh
Teh merupakan komponen bioaktif yang paling dominan dalam teh sudah terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat.

2. Olahraga, tubuh manusia sangat susah mengeluarkan kolesterol. Secara paksa kolesterol harus dikeluarkan agar tidak terjadi penumpukan. Caranya adalah dengan perbanyak melakukan aktivitas fisik. Setiap hari minimal melakukan olahraga 20 menit.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Tips Dan Cara Menurunkan Kolesterol, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua baca juga Tips kesehatan lainya Cara Penyembuhan Wasir
Related Posts

Related Posts