ASUHAN KEPERAWATAN - Pengertian dan Penyebab Virus ZIKA Pada Wanita Beserta Cara Pengobatanya

ASUHAN KEPERAWATAN - Pengertian dan Penyebab Virus ZIKA Pada Wanita Beserta Cara Pengobatanya - - -ZIKA adalah sebuah virus mematikan terbaru di tahun ini, meskipun sebenarnya virus zika ini bukanlah virus terbaru, karena virus zika ini sudah ada sejak beberapa puluh tahun silam, akan tetapi virus zika ini mulai dikenal dimasyrakat di tahun ini, oleh sebab itu virus ZIKA ini dapat dikategorikan virus baru di mata masyrakat, virus yang membuat para wanita cukup khawatir, sebab dengan adanya penemuan sebuah virus baru (ZIKA) membuat wanita di anjurkan jangan terlebih dahulu memiliki anak, dapat kita bayangkan betapa terpukulnya seorang wanita yang tidak boleh hamil karena sebuah virus. Apalagi bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah, tentu sangat ingin memiliki sebuah anak, akan tetapi karena takut dengan adanya virus zika dan demi menjaga keselamatan seorang wanita, maka seorang wanita di ajurkan jangan hamil sampai beberapa tahun kedepan. Meskipun VIRUS Zika ini belum dan jangan sampai datang ke Indonesia, alangkah baiknya jika kita mengetahui dan waspada terhadap virus zika ini.

Lalu apa sih virus zika itu ? di sini ASUHAN KEPERAWATAN akan menjelaskan sedikit tentang pengertian virus zika sebelum kita masuk lebih dalam tentang virus zika. Virus Zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana ia dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin. Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain.

Pada 2014, virus ini menyebar ke timur melintasi Samudra Pasifik ke Polinesia Perancis, kemudian ke Pulau Paskah dan pada tahun 2015, ia menyebar ke Amerika Tengah, Karibia, dan kini ia menyebar ke Amerika Selatan sebagai satu wabah besar. Pada Januari 2016, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan perjalanan untuk negara-negara tejangkit wabah, termasuk panduan langkah pencegahan yang dipertingkatkan dan pertimbangan untuk menunda kehamilan bagi wanita. Badan-badan kesehatan dan pemerintah lain juga mengeluarkan peringatan yang serupa, sedangkan negara-negara seperti Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika, menasihati wanita untuk menunda kehamilan sehingga risiko tentang virus tersebut dapat lebih diketahui.
virus zika, virus wanita hamil
Itulah sedikit pengetahuan tentang virus zika, dan sekarang kita akan membahas menenai virus zika lebih sedikit mendalam yakni tentang;
  • Bagaimana cara virus zika menular ?
  • Langkah apa untuk menghindari virus zika ?
  • Bagaimana Cara mencegahan dan mengobati virus zika ?
  • Kenapa wanita di anjurkan jangan memiliki sebuah anak karena virus zika ?
Baiklah kalau begitu tidak perlu panjang lebar lagi ASUHAN DUNIA KEPERAWATAN akan langusung menjelaskan lebih rinci tentang pertanyaan - pertanyaan diatas dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

VIRUS ZIKA PADA WANITA

Menurut data lembaga Centers for Disease Control and Prevention yang terakhir diperbarui pada 27 Januari 2016, gejala virus zika dan viktornya, demam berdarah dan penyakit chikungunya, nyaris sama.

Satu dari lima orang yang terinfeksi virus zika akan mengalami gejala paling umum, yaitu demam, ruam, nyeri sendi, dan konjungtivitis atau mata merah. Gejala umum lainnya termasuk nyeri otot dan sakit kepala. Masa inkubasi atau waktu dari saat paparan gejala dari virus zika baru diketahui dalam beberapa hari sampai sepekan.

Infeksi yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini biasanya ringan dengan gejala yang berlangsung selama beberapa hari sampai sepekan. Kasus kematian yang disebabkan oleh virus ini jarang ditemukan.

Jika seseorang mengalami gejala tersebut dan baru mengunjungi tempat yang terjangkit virus zika, CDC merekomendasikan segera menemui dokter dan menjalani tes darah.

Sampai kini, belum ada vaksin atau obat untuk mencegah ataupun mengobati infeksi zika. Penderita bisa beristirahat yang banyak, minum air untuk mencegah dehidrasi, dan pada gejala awal bisa mengkonsumsi asetaminofen.

Hindari aspirin dan obat anti-inflamasi non-steroid, seperti ibuprofen dan naproxen, untuk mengurangi risiko perdarahan. Jika penderita sedang mengkonsumsi obat untuk kondisi medis lain, mintalah rekomendasi dokter sebelum mengambil obat tambahan.

Jika sudah terinfeksi zika, hindari gigitan nyamuk selama seminggu pertama. Sebab, virus zika dalam darah penderita bisa ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk.

LALU APA BEDANYA VIRUS ZIKA DAN CHIKUNGUNYA, padahal sama - sama di sebabkan oleh gigitan nyamuk, untuk melihat perbedaanya maka silahkan saja kunjungi NEOASKEP ini.

Postingan populer dari blog ini

Ciri Wanita Terkena Gejala dan Faktor Penyebab HIV/AIDS

Cara Penularan Pada Penyakit Tipes

Daftar Judul Skripsi Keperawatan Terbaru 2015