UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Gejala Khas Dari Demam Tipes

Gejala Khas Dari Demam Tipes- -Biasanya jika gejala khas itu tampak, diagnosispun bisa langsung ditegakan. Gejala khas demam tifoid sebagai berikut :

Gejala Tipes

Minggu Pertama (awal terinfeksi)
Setelah melewati masa inkubasi 10-14 hari, gejala penyakit itu pada awalnya sama dengan penyakit infeksi akut yang lain, seperti demam tinggi yang panjang yaitu tinggi 39 Derajat celcius hingga 40 Derajat celcius, sakit kepala, pusing, pegal-pegal, anoreksia, mual, muntah, batuk, dengan nadi antara 80-100 kali permenit, denyut lemah, pernapasan semakin cepat dengan gambaran bronkitis, perut kembung dan merasa tak enak, sedangkan diare dan sembelit silih berganti.

Pada akhir minggu pertama diare lebih sering terjadi. Lidah pada penderita adalah kotor ditengah, tepi dan ujung merah serta bergetar dan tremor, tenggorakan terasa kering dan beradang.

Minggu Kedua
Jika pada minggu pertama, suhu tubuh berangsur-angsur meningkat setiap hari, hari yang biasanya menurun pada pagi hari kemudian meningkat pada sore atau malam hari. karena itu , pada minggu kedua suhu tubuh penderita terus menurus dalam keadaan tinggi (demam). Suhu badan yang tinggi, dnegan penurunan sedikit pada pagi hari berlangsung. Terjadi perlambatan relatif nadi penderita. Semestinya nadi meningkatkan bersama dnegan peningkatan suhu, saat ini relatif nadi lebih lambat dibandingkan peningkatan suhu tubuh.

Gejala tiksemia (ketika kuman sudah masuk aliran darah) semakin berat yang ditandai dengan gangguan pendengaran. Lidah tampak kering, merah mengkilat. Nadi semakin cepat sedangkan diare menjadi lebih sering yang kadang-kadang berwarna gelap akibat terjadi pendarahan. Pembesaran hati dan limpa. perut kembugn dan seting berbunyi. Gangguan kesadaran. Mengantuk terus menerus, mulai kacau jika berkomunikasi terus menerus dan lain-lain.

Minggu Ketiga
Suhu tubuh berangsur-angsur turun dan normal kembali diakhir minggu. Hal itu jika terjadi tanpa komplikasi atau berhasil diobati. Bila keadaan membaik, gejala-gejala akan berkurang dan temperatur mulai menurun . Meskipun demikian justru pada saat ini komplikasi perdarahan dan perforasi cenderung untuk terjadi, akibat lepasnya kerak dari ulkus.

Sebaiknya jika keadaan makin memburuk, dimana toksemia memberat dengan terjadinya tanda-tanda khas berupa otot-otot yang bergerak terus, inkontinensia alvi dan inkontinensia urin. jika denyut nadi sangat meningkat disertai oleh peritonitis lokal maupun umum, maka hal ini menunjukkan telah terjadinya perforasi usus sedangkan keringat dingin, gelisah, sukar bernafas dan kolaps dari nadi yang teraba denyutnya memberi gambaran adanya perdarahan.

Degenerasi miokardial toksik merupakan penyebab umum dari terjadinya kematian pada penderita demam tifoid pada minggu ketiga.

Minggu Keempat
Minggu keempat merupakan stadium penyembuhan meskipun pada awal minggu ini dapat dijumpai sisa gejala yang terjadi sebelumnya

Untuk mengetahui seseorang terkena tipus atau tida, harus dilihat gejala-gejala kliniknya dan harus dilakukan pemeriksaaan laboratorium karena penderita sering mengalami :

1. Penurunan sel darah putih
2. Anemia rendah karena pendarahan pada usus
3. Jumlah trombosit menurun dari keadaan normal
4. Menemukan bakteri salmonella typhosa pada kotoran darah dan urin

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Gejala Khas Dari Demam Tipes semoga dapat bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua untuk hidup lebih sehat plus dapat menambah wawawasan kita semua mengenal penyakit-penyakit, Baca juga artikel lainya Dampak atau Resiko Pada Penyakit Tipes
Related Posts

Related Posts