UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Tips Mengetahui Gejala Awal Kanker

Tips Mengetahui Gejala Awal Kanker- - -Banyak orang sering mengabaikan penyakit penyakit kecil atau sebuah gangguan kecil yang membuat seseorang merasakan sakit sesaat, namun dari hal kecillah sesuatu bisa membesar, sama halnya seperti penyakit kanker, kanker biasanya diawali dengan gejala kecil yang biasa saja, jika di diamkan maka akan mengakibatkan sebuah kematian atau kesengsaraan, oleh sebab itu Asuhan Keperawatan sedikit berbagi informasi untuk menambah ilmu pengetahuan anda guna mengetahui gejala kanker, sehingga jika anda termasuk dalam gejala dibawah maka segeralah lakukan beberapa tips pengobatan.

Berikut ini gejala kanker yang wajib anda ketahui :


1. Pendarahan pada vagina yang abnormal
Pendarahan pada vagina yang abnormal adalah gejala umum dari kanker ginekologi, Misal pendarahan abnormal adalah pendarahan selama dan setelah berhubungan seks. Gejala pendarahan abnormal pada vagina bisa saja merupakan gejala kanker serviks, kanker rahim, kanker ovarium.

2. Nyeri Panggul
Nyeri panggul biasanya diatandai dengan rasa sakit dan tekanan di daerah bawah pusar. Kejadian ini memang sering terjadi hampir setiap bulan, karena merupakan sindrom pramenstruasi. Namun, jika nyeri terlalu, bisa saja itu merupakan tanda kanker ovarium, kanker serviks, kanker tuba fallopi, kanker endometrium atau bisa saja kanker vagina.

3. Pembengkakan dan Kembung Pada Perut
Jika terjadi pembengkakan dan rasa kembung pada perut, bisa saja itu tanda dari kanker ovarium. Biasanya gejala ini sering diabaikan, Jika kembung dan terjadi pembengkakan aneh di perut, segeralah untuk pergi ke dokter.

4. Kelelahan
Kelelahan yang berlebihan merupakan salah satu gejala kanker. Setiap jenis kelelahan yang terjadi tidak normal, maka perlu dievaluasi oleh dokter.

5. Nyeri Bagian Bawah Punggung
Jika merasa nyeri berlarut pada punggung bagian bawah, dan hal itu tidak hilang atau terus menerus, maka bisa saja itu merupakan gejala kanker, Nyeri pada bagian bawah punggung bisa saja merupakan gejala dari kanker ovarium.

6. Demam Yang tTak Kunjung Hilang
Demam yang tak kunjung hilang atau berlangsung lebih dari 7 hari, maka harus pergi ke dokter segera. Demam keras adalah gejala kanker.

7. Berat Badan Berkurang Mendadak
Kehilangan berat badan 5 kg atau lebih tanpa latihan memang menyenangkan, tapi itu tidak normal. Jadi, pergi ke dokter jika mendapati berat badan hilang secara signifikan tanpa latihan atau olahraga.

8. Perubahan Payudara
Jika terjadi nyeri berkepanjangan atau perubahan puting, bentuk, terjadi kemerahan, ditemukan benjolan.

9. Perubahan Proses Pencernaan
Jika Anda mengalami sembelit atau diare berkepanjangan, dan terdapat darah dalam tinja, segera pergi ke dokter, Karena bisa saja merupakan gejala kanker usus besar.

10. Kelainan Jalan Lahir
Jika terjadi kelainan jalan lahir, Anda harus bisa mengetahui setiap perubahan yang diakibatkan oleh luka, atau perubahan warna kulit, Setiap wanita harus mengecek kebersihan dan keadaan vaginanya agar terhindar dari kanker atau penyakit lain di organ tersebut.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai tips mengetahui gejala pada kanker, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, baca juga artikel lainya mengenai Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid
Related Posts

Related Posts