UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Cara Pencegahan Pada Penyakit Malaria

Cara Pencegahan Penyakit Malaria
Cara Pencegahan Pada Penyakit Malaria- -Orang-orang yang tinggal didaerah malaria atau yang mengadakan perjalanan ke daerah malaria bisa melakukan hal-hal yang dapat mencegah agar tidak terkena atau tertular penyakit malaria.

Berikut ini Tips Untuk Mencegah Penyakit Malaria yakni :

1. Menggunakan semprotan pembasmi serangga di dalam dan diluar rumah
2. Memasang Tirai di Pintu dan di Jendela
3. Memasang Kawat Nyamuk
4. Mengoles obat anti nyamuk di tubuh
5. Menggenakan pakaian yang menutupi tubuh sehingga mengurangi daerah tubuh yang akan digigit nyamuk
6. Obat-obatan bisa diminum untuk pencegahan malaria selama melakukan perjalanan kedaerah malaria. Obat-obatan ini mulai diminum 1 minggu sebelum perjalanan dilakukan, dilanjutkan setelah berada didaerah malaria dan 1 bulan setelah meninggalkan daerah malaria. Obat yang sering digunakan adalah klorokuin, tetapi banyak daerah yang memiliki spesies plasmodium falciparum yang sudah resisten terhadap obat ini. Obat lainya yang bisa digunakan adalah meflokuin dan doksisiklin, Doksisiklin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dibawah usia 8 tahun dan wanita hamil.

Beberapa yang perlu diingat mengenai malaria :

a. Obat-obata yang digunakan dalam tindakan pencegahan tidak 100% efektif
b. Gejala bisa timbul 1 bulan atau lebih setelah gigitan nyamuk terjadi
c. Gejala awalnya tidak spesifik dan seringkali disalah artikan sebagai influenza
d. Diagnosis dan pengobatan dini sangat penting, terutama pada malaria falciparum, yang bisa berakibat fatal pada lebih dari 20% penderita.

Demikianlah yang dapat disampaian asuhan dunia keperawatan mengenai cara pencegahan pada penyakit malaria, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua, baca juga artikel lainya Penyebab Terjadinya Penyakit Malaria (Plasmodium)
Related Posts

Related Posts