UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Patologi Dan Gejala Klinis Pada Penyakit Malaria

Patologi Dan Gejala Klinis Pada Penyakit Malaria- -Keluhan prodromal dapat terjadi sebelum terjadinya demam berupa : Keluhan, sakit kepala, nyeri pada tulang atau otot, anorexia (hilangnya nafsu makan0, perut tidak enak, diare ringan, kadang-kadang merasa dingin di punggung.

Gejala Penyakit Malaria

Serangan demam yang khas biasanya terdiri dari beberapa stadium :

1. Stadium Menggigil
Dimulai dengan perasaan dingin sekali, sehingga menggigil. Nadinya cepat tetapi lemah, bibir dan jari-jarinya menjadi biru, kulitnya kering dan pucat. Kadang-kadang disertai dengan muntah, pada anak sering disertai kejang, serangan stadium ini berlangsung antara 15 menit sampai 1 jam.

2. Stadium Puncak
Demam dimulai pada saat perasaan dingain sekali berbah menjadi panas sekali. Muka menjadi merah, kurit kening dan terasa panas dan seperti terasa terbakar, sakit kepala makin hebat, biasanya ada mual dan muntah nadi berdenyut keras, perasaan haus sekali pada saat suhu naik sampai 41 derajat celcius atau lebih. Stadium ini berlangsung hingga 2 sampai 6 jam.

3. Stadium Berkeringat
Dimulai dengan penderita berkeringan banyak sehingga tempat tidur basah, suhu turun dengan cepat, kadang-kadang sampai dibawah ambang normal. Penderita biasanya dapat tidur nyeyak dan waktu terbangun, merasa lemah tetapi sehat. Stadium ini berlangsung 2 sampai 4 jam. Stadium menggigil puncak demam dan berkeringat (1,2 dan 3) biasanya mulai antara waktu 08.00-12.00

Pembesaran limpa merupakan gejala khas terutama pada malaria menahun, limpa mengeras, hitam, karena pigmen banyak ditimbun dalam eritrosit dan banyak mengandung parasit.

Demikianlah yang bisa disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai Patologi Dan Gejala Klinis Pada Penyakit Malaria, semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua, baca juga artiel lainya Gejala Spesifik Pada Penyakit Malaria
Related Posts

Related Posts