UZpWbxXip9lQB4gDgD99q25cJcz6IlNhM1darGVw

Pengertian Penyakit Kolera

Pengertian Penyakit Kolera- -Kolera adalah suatu infeksi usus kecil karena infeksi bakteri vibro cholerae, dimana bakteri menghasilkan racun (enterotoksin) yang menyebabkan usus halus melepaskan sejumlah besar cairan yang banyak mengandung garam dan mineral sehingga penderita mengalami diare disertai muntah-muntah yang akut dan hebat.

Definisi Penyakit Kolera

Akibat kolera dalam waktu hanya beberapa hari akan kehilangan banyak cairan tubuh dan masuk dalam kondisi dehidrasi, bila kondisini ini tidak segera diobati, ketidak seimbangan volume darah dan peningkatan konsentrasi garam bisa menyebabkan gagal ginjal, syok, koma bahkan kematian.

Koleria banyak ditemukan di Asia, Australia, Afrika, dan Amerika, di daerah-daerah tersebut, wabah terjadi selama musim panas dan banyak menyerang anak-anak. Di daerah lain, wabah bisa terjadi pada musim apapun dan semua usia bisa terkena.

Bakteri vibro cholerae berkembang biak dan menyebar melalui faces (kotoran) manusia, bila kotoran yang mengandung bakteri ini mencemari air sungai maka orang yang kontak dengan air sungai itu akan beresiko terinfeksi kolera, misalnya makan ikan dari sungai itu dan dimasak kutang amtang, cuci tangan yang kurang bersih, mencuci makanan dengan air yang terkontaminasi, atau menggunakan air sungai itu sebagai air minum.

Demikianlah yang dapat disampaikan asuhan dunia keperawatan mengenai pengertian penyakit kolera semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi kita semua, baca juga artikel lainya Penyebab Terjadinya Diare
Related Posts

Related Posts